Fungsi DATE dalam Ms.Excel 2007

Diposting pada: 7 April 2011 / Labels: ,
Data yang berisi transaksi penjualan, pembelian, data karyawan atau data apapun biasanya terdapat kolom yang berisi data tanggal. Ada beberapa fungsi mengenai tanggal dalam MS.Excel 2007, diantaranya adalah DATE dan DATEVALUE.

DATE, fungsi ini digunakan untuk menuliskan suatu data tanggal, jika sebelum rumus ini dimasukkan, format sel adalah umum/general maka setelah fungsi ini dimasukkan format nya akan berubah menjadi sebagai tanggal.

syntax : =DATE(year,month,day)
  • year, argumen tahun berupa numerik yang berisi satu sampai dengan empat digit. Microsoft Excel menafsirkan argumen tahun sesuai dengan sistem tanggal yang Anda gunakan. Secara default, Excel untuk Windows menggunakan sistem tanggal 1900 dan  Excel untuk Macintosh menggunakan sistem tanggal 1904
  • month, adalah bilangan bulat positif atau negatif yang mewakili bulan dalam satu tahun ( 1 - 12 atau Jan - Des)
    • Jika bulan lebih besar dari 12, maka pada nilai 13 kembali lagi menjadi bulan 1 (Jan) pada tahun berikutnya. Sebagai contoh, DATE (2008,14,10) ini berarti tanggal tersebut adalah 10 Februari 2009.
    • Jika bulan lebih kecil dari 1, maka bulan yang dimaksud adalah bulan 12 dikurangi angka yang terdapat dalam rumus pada tahun sebelumnya. Sebagai contoh, DATE (2008,-3,10) ini berarti tanggal tersebut adalah 10 September  2007.
  • day, adalah bilangan bulat positif atau negatif yang mewakili hari dalam bulan ( 1-31 )
    Untuk angka tanggal yang lebih besar dari 31 atau lebih kecil dari satu, ketentuannya sama seperti pada penjelasan month di atas.
  
Contoh :













Untuk fungsi DATEVALUE akan dibahas pada artikel selanjutnya.
Semoga bermanfaat, sampai bertemu pada rumus excel berikutnya, tentu saja masih di sini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

MAKASIH YA HEHE

Anonim mengatakan...

like this (y)
sgt mmbntu

Tulis Komentar